Aksi Duta Sheila On 7 Promosi , Publik Salut dan Jadi Viral

Sumber : google.com

 

Pengertian band adalah sekelompok orang yang satu aluran musik yang mempunyai satu cita-cita untuk berkarya dengan membentuk kelompok musik. Band terdiri dari berbagai jenis, contohnya band indie.
Istilah band indie sering kali kita dengar sebagai band yang mandiri yang tidak terkukung pada keinginan pasar untuk menentukan warna musik mereka, Perdebatan tentang pengertian band ini sering kali terjadi diantara para pengamat music, namun pastinya pengertian band indie secara umum berarti gerakan bermusik yang berbasis dari apa yang kita punya. Dan biasanya karya-karya musik mereka diluar mainstream yang tengah berlaku, dimana biasanya mainstream berarti arus utama, tempat di mana band-band yang bernaung di bawah label besar, sebuah industri yang mapan.

Musik adalah suara yang dihasilkan oleh alat musik dan kemudian disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama dan keharmonisan. Menurut Om Wiki, musik sudah dikenal beribu-ribu tahun yang lalu. Pada mulanya, musik digunakan sebagai ekpresi kesedihan dan kegembiraan, musik juga digunakan sarana terapi terhadap penyakit-penyakit tertentu, dan musik juga terkadang digunakan sebagai ritual keagamaan, dan sekarang musik berkembang menjadi industri hiburan terbesar di dunia.
Musik secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok (genre) yaitu: musik seni (mencakup musik klasik), musik populer (mencakup musik pop, rock, jazz, blues, gospel, ska, regee, uderground, dsb), dan musik tradisional (di Indonesia seperti keroncong, marawis, gambang kromong, dsb).
Setiap genre pada aliran-aliran musik tersebut mempunyai beberapa sub genre. Seperti, Musik pop mempunyai sub genre: K-pop (korean pop), Mandopop (mandarin pop), dsb. Musik rock mempunyai sub genre: rock n roll, soft rock, alternative rock, punk rock, dan lain sebagainya. Begitupun aliran-aliran musik lain seperti blues, regee, dan lain sebagainya mempunyai sub genre yang bermacam-macam.

Meski secara perlahan popularitasnya mulai meredup, namun Duta CS hingga saat ini masih terus berkarya. Yang terbaru, mereka merilis single baru bertajuk Film Favoritmu melalui label independent, yakni 5O7 Records. Ini adalah single pertama Sheila On 7 di bawah label mereka sendiri.

Dan di balik single baru Sheila itu ada sebuah cerita yang cukup unik dan viral loh. Belum lama ini, seorang penyiar radio bernama Andi Muhammad Ikhlas membagikan beberapa curhatan panjang melalui akun Facebook-nya mengenai Duta, yang langsung jadi viral bukan main.
“Seorang superstar dengan imej kelas atas dan rekam jejak jutaan copies penjualan rekaman fisik, sekarang pun dengan lugas menjajakan sendiri karyanya, tanpa batas ke teman media dia. Nggak ada label gede lagi yang mengurusi, karena sebenarnya, ada ataupun tidak, si artis (atau apapun kita menjulukinya) bertanggung jawab penuh atas keberlangsungan karyanya diterima oleh masyarakat luas lewat dukungan media, digital maupun konvensional. Jangan bangga dengan pencapaian yang ‘pernah’ singgah, namanya juga pernah, bisa berulang bisa tidak, betul kan ya teman? Demikian cerita saya pagi ini, silakan dicermati, bukan menggurui bukan mengajari, hanya berbagi,” tulis Andi panjang lebar.

Aksi Duta yang sangat membumi lewat cerita Andi di atas sontak membuat publik tersentuh dan salut. Cerita itu pun mulai dibagikan netizen hingga akhirnya jadi viral bukan main. Bahkan sederet akun gosip pun ikutan membuatnya makin viral.

Setelah mendengarkan single yang dikirimkan Duta, Andi pun menuliskan review-nya melalui akun Facebook. Berbeda dari beberapa single terakhir So7, Andi menyebut jika single bertajuk Film Favoritmu ini sangat berbeda dan lebih nendang.
“Menjual jutaan keping rekaman dalam bentuk kaset dan CD serta ratusan ribu lainnya dalam format digital, akhirnya group beken Sheila on 7 kembali ke habitat ‘terbaik’ untuk industri musik yang tengah megap-megap, komunitas! Yep, Film Favorit adalah single ‘debut’ mereka dengan label independen bentukan sendiri, 507 records, sebuah single yang menurut saya justru lebih bergizi dibanding sederat lagu hits mereka dengan label raksasa sebelumnya. Kekuatan utama mereka yaitu melodi lirik yang catchy serta ketukan tempo yang dinamis membuncah keluar lewat single baru ini. Anthemic dan sekaligus potensial menjadi lagu yang nendang, suka dengan komposisinya yang rapi dan nyaman di telinga. Sheila on 7 mulai ngegas lagi mesin mereka yang sempat mandek dengan elegan, semoga menyenangkan buat kalian semua. Oh iya, digital versionnya baru bisa diunduh 29 januari mendatang, hari ini beredar di radio-radio pilihan,” tulis Andi.

Sebelum ini, Duta juga sempat membuat publik heboh karena kemunculannya di sebuah acara kondangan nikah di sebuah kampung. Kala itu, pria bernama lengkap Akhdiyat Duta Modjo ini menyanyi tanpa malu-malu meski di acara kecil-kecilan. Ia bahkan melayani para tamu undangan yang minta foto dengan ramah dan penuh senyuman.

Sheila On 7 merupakan sebuah band yang cukup terkenal di tanah air. Band ini beranggotakan Duta, Adam, Eross dan juga Brian. Mereka telah malang melintang di dunia musiak tanah air sejak tahun 1996 lalu.

Karya-karyanya pun tidak pernah gagal memanjakan pendengarnya. Bahkan sampai sekarang sejumlah hitsnya masih tetap diingat walaupun telah beberapa tahun berlalu.

Walaupun saat ini popularita mereka mulai menurun, namun tetap saja Duta dan kawan-kawan tak berhenti untuk berkarya.

Yang paling baru, belum lama ini mereka merilis sebuah lagu dengan judul Film Favoritmu lewat sebuah labbel independent miliknya sendiri.

Namun dibalik single barunya ini rupanya ada ceita menarik dibaliknya. Bahkan cerita ini mendadak viral.

Seorang penyiar radio yang diketahui bernama Andi Muhammad Ikhlas mengunggah curhatan panjangnya melalu akun Facebook tentang Duta Sheila On 7.
Dalam curhatannya tersebut Andi mengagumi sosok Duta yang sudah memiliki imej sebagai musisi tingkat atas dengan lugas menjajakan sendiri karyanya tanpa ada batas kepada teman medianya.

Bahkan tanpa adanya embel-embel label yang besar. Tentu saja curhatan Andi ini langsung viral dan menjadi pebincangan di kalangan netizen.

Mereka mengaku sangat terharu dengan sikap rendah hari Duta. Sejumlah akun di media sosial pun mulai menyebarkan berita ini hingga menjadi viral.

” Sebenarnya kalau buat kami itu hal yang biasa. Itu sudah kebiasaan kami sejak 2010 itu kami sudah sendiri manajemennya,” kata Duta di Kawasan Kemang Timur, Jakarta Selatan, Senin 29 Januari 2018.

Menurut dia, pemasaran langsung itu merupakan upaya untuk mengatur keberlangsungan bandnya. Setiap personel, tambah dia, punya tugas masing-masing, salah satunya mempromosikan lagu terbaru mereka.

” Jadi saya dan Adam berbagi tugas. Dilakukan sama yang lain, karena sudah melakukan tugasnya masing-masing. Eros diperes bikin lagu, yang saya lakukan yang biasa saya lakukan sama Adam juga,” ucapnya.

Pria 37 tahun ini mengatakan, usaha yang dilakukannya itu menjadi hal biasa. Terlebih band asal Yogyakarata itu kini sudah memiliki labelnya sendiri, bernama ‘507 Record’.

” Lumrah sih kerjain sendiri karena ini label milik sendiri juga, enggak mungkin dong saya di Sheila On 7 tapi malah promosiin band lain,” tuturnya.

Kisah Duta mempromosikan lagu ini menjadi viral setelah seorang music director Radio Madama 87.7 FM, Makassar, Andi Muhammad Ikhlas, mengunggah kisah ke Facebook. Dia mengaku dihubungi oleh Duta pada malam hari untuk mempromosikan lagu terbaru Sheila on 7.

 

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *