Berjuang – Ayah Kumpulkan Koin untuk Biaya Operasi Putrinya

 

Sumber : google.com

 

Kasih sayang adalah sebuah rasa yang timbul dan tulus dari hati untuk menyayangi, mencintai, memberi kebahagiaan kepada seseorang tanpa rasa pamrih sedikitpun dan menghitung apa yang telah kita lakukan kepada seseorang. Seperti kasih sayang orang tua kepada anaknya dan sebaiknya.

Ayah dan Ibu, mereka adalah sosok pahlawan bagi anak anak mereka. Untuk menjadi orang tua haruslah memberi contoh yang baik kepada anak anak mereka, karena mau tak mau anak mereka akan tumbuh dan mengikuti cara orang tuanya mendidik.

Setiap pasangan selalu menginginkan kehadiran anak. Bagi mereka anak adalah segalanya yang mengisi keluarga kecil itu. Segala hal akan dilakukan untuk melihat anaknya tumbuh dengan baik dan kelak menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. Semua orang tua senantiasa menyayangi anak mereka.

Siapa sih orang tua yang ga sayang sama anaknya? Mereka rela mengalah dan melakukan apapun demi melihat anaknya tersenyum lega. Semasa kita kecil dulu, pernahkah kalian berpikir kalo orang tuamu jahat dan tidak sayang? Mungkin hal itu terjadi karena Ayah atau Ibu marah kepadamu.

Sesungguhnya marah mereka adalah bentuk kasih sayangnya kepada kita sebagai anak. Memang setiap orang tua memiliki cara sendiri untuk mendidik anaknya, tapi dengan tujuan yang sama yaitu membentuk karakter anak yang lebih baik darinya.

Orang tua selalu rela mengalah demi makanan kepada anaknya. Hal itu sering kujumpai saat membeli bakso atau pangsit di pinggir jalan. Mereka hanya membeli 1 porsi untuk anaknya dan sang ibu hanya melihat anaknya makan dengan lahap dan sesekali mengusap pipi dan meja bekas tumpahan kuahnya.

Entah apa ibu tadi sudah kenyang atau menahan lapar demi anaknya, bagi dirinya anak itu lebih utama, nah bagaimana jika sang anak sudah pergi keluar kota untuk melanjutkan sekolah, apakah kasih sayang orang tua kepada mereka terhenti begitu saja? Tentu tidak. Setiap bulan, orang tua kita selalu menyisihkan uang untuk kehidupan anak mereka di kota perantauan dan selalu bilang kepada anaknya untuk tidak berhemat dalam makan dan jangan memikirkan uang.

Ketika sang ibu mendengar anaknya akan pulang kerumah, dia bergegas ke pasar dan membeli bahan makanan untuk masak makanan kesukaan anaknya. Betapa hebatnya mereka berdua itu

Entah kenapa semasa kecil dulu, ayah menjadi sosok yang dingin dan jahat bila marah. Dibalik itu semua ada kelembutan di hatinya. Hatinya menjadi rapuh saat melihat jagoan kecilnya terbaring di kasur. Mungkin disaat seperti itu ayah lebih khawatir daripada ibunya hingga rela untuk tidak bekerja demi melihat anaknya kembali sembuh.

Ayah seakan akan tak peduli segala masalah yang ada di kantornya, tak peduli bila bosnya membutuhkannya, ataupun tak peduli jika gajinya dipotong karena bolos kerja. Hal itu semua demi sang anak.

Begitulah wujud kasih sayang orang tua kepada anaknya. Hal hal itu sering tak kita sadari karena tidak dalam bentuk uang. Uang tak dapat membeli kasih sayang orang tua. Namun ada juga anak yang tidak bisa merasakan kasih sayang orang tua, karena mereka menjadi orang yang sukses yang memiliki jam terbang tinggi sehingga tidak focus kepada anaknya.

Sungguh sangat disayangkan, karena bagaimanapun juga anak akan meniru perilaku kedua orang tua mereka. Ada juga yang mendapat kasih sayang lebih dari orang tuanya, namun kurang mampu dalam hal ekonomi. Itulah hidup, jangan memandang keatas terus sesekali kita perlu memandang kebawah.

Setiap orang tua memiliki cara tersendiri untuk menjaga buah hati mereka. Cara yang tak dapat kita sadari dan baru sadar jika sudah menginjak dewasa. Termasuk jika kita telah memiliki buah hati kelak. Kita akan menyayangi buah hati kita dengan rasa sayang yang mungkin tak mereka mengerti.

Kasih sayang orangtua kepada anak tak terhingga sepanjang masa, kalimat mulia ini tergambarkan oleh seorang ayah asal Filipina ini. Sebuah unggahan baru-baru ini menjadi perbincangan viral media sosial. Unggahan tersebut menunjukkan sebuah foto seorang ayah yang terduduk di lantai sendang menghitung ribuan uang koin.
Mungkin bagi beberapa orang, uang koin yang didapatkan dari kembalian belanjaan sudah tidak berguna dan hanya memenuhi isi dompet. Namun hal itu tidak berlaku bagi ayah super yang bernama Jeric Aquino Trestre. Foto yang beredar di platform Facebook langsung viral.

Ternyata ribuan koin tersebut dikumpulkan untuk kesembuhan anaknya. Bocah bernama Esang yang tidak lain adalah anak Trestre ini mengalami Atresia Bilier.

Atresia Bilier adalah kondisi langka yang menyebabkan penyumbatan saluran empedu. Saluran ini berguna untuk membawa cairan empedu dari hati ke kantong empedu untuk disimpan ke usus kecil yang digunakan dalam pencernaan.
Kondisi ekonomi yang terbatas membuat Trestre harus menghargai uang sekecil apapun, dan mengumpulkannya. Foto yang dibagikan pengguna Facebook bernama Jenny Sumalpong mengundang banyak simpatisan warganet.

Dalam unggahannya, Sumalpong pun menambahkan rincian tentang tempat untuk menghubungi keluarga, atau ke mana harus mengirim uang jika ada yang ingin membantu keluarga.

Sumalpong juga mengungkapkan bahwa Esang saat ini berada di kamar 116 di Pusat Medis Anak Filipina, di jalan Quezon Avenue Agham Street. Melihat pengorbanan sang ayah banyak warganet tersentuh untuk turut membantu biaya pengobatan Esang.

Meski tidak ada update sudah berapa banyak uang yang terkumpulkan, Trestre memberikan sebuah video yang memperlihatkan bahwa kondisi Esang semakin membaik.

Si kecil rupanya merasa lebih baik dibandingkan hari pertamanya di rumah sakit. Menurut Trestre, Esang akan menjalani operasi di India, setelah mereka mendapatkan uang yang cukup untuk perjalanan dan operasi.

Ayah ini tak mau menyerah dengan keadaan puteri kecilnya yang sakit dan harus dioperasi.

Sayangnya dia tidak punya uang waktu itu, tapi apa yang ia lakukan sekarang?
Jika kita berbelanja di supermarket atau toko mendapat kembalian uang receh 100 rupiah bahkan 500 rupiah mungkin kita akan mengabaikannya.

Uang tersebut mungkin bagi sebagian orang tidak berharga, tapi tidak bagi ayah asal Filipina ini.

Uang seperti itu sangat berharga baginya karena bisa menyelamatkan nyawa puterinya.
Dilansir dari Viral4Real.com, ayah ini bernama Jeric Aquino Trestre yang menjadi viral di Internet setelah foto dirinya sedang menghitung tumpukan uang receh, bahkan berbotol-botol.
Di belakangnya tampak sang puteri sedang terbaring di ranjang.

Ya, ia mengumpulkan dan menyimpan koin-koin uang itu untuk biaya pengobatan anaknya, Esang, yang menderita penyakit Atresia Biliaris, penyakit hati dan empedu langka pada bayi.

Ia awalnya tidak mengharapkan bantuan dari siapa pun dan ingin berusaha semampunya.

Sampai setelah fotonya itu dibagikan oleh akun Facebook Jenny Sumalpong, banyak warganet yang kemudian terketuk hatinya dan mendonasikan uang untuk membantu keluarga tersebut.
Sumalpong memberikan rincian tentang tempat untuk menghubungi mereka, atau kemana harus mengirim uang jika ada yang ingin membantu.

Sumalpong juga mengungkapkan Esang saat ini berada di kamar 116 di Pusat Medis Anak Filipina di sepanjang jalan Quezon Avenue Agham.

Sang ayah kemudian mengabarkan bahwa anaknya kini telah lebih baik dibandingkan hari-hari pertamanya di rumah sakit.

Seberat apapun cobaan yang kita hadapi, pastilah ada jala yang telah ditentukan untuk kita lewati.

Tinggal bagaimana kita mau berusaha menemukan jalan tersebut.

 

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *