Buat Ibu Hamil, Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Maupun yang Susah Tidur

Sumber ; wajibbaca.com

Hamil itu anugrah yang tak ternilai, tapi fenomena fisiknya itu yang beda-beda,,,

Ada yang males, ada yang terlalu semangat, ada yang ngantukan…

Katanya bawaan bayi.. Sebenarnya itu bisa kita atur kok Bun…, biar Bunda bisa menjalani aktifitas normal seperti biasa…

Buat bumil yang sering merasa ngantuk, hal ini biasa, karena perubahan hormon yang terjadi saat wanita hamil.

Dan juga dikarenakan ibu hamil terlalu lelah dan MORNING SICK. Jadinya rasa ngantuk tak terhindarkan…

Apa saja ‘rasa-rasa’ yang akan Moms rasakan saat kehamilan?
Saat hamil muda, Moms akan merasakan morning sick, sakit kepala, doyan tidur, dan lainnya karena perubahan hormon.

Saat usia kehamilan tidak muda lagi, morning sick akan membaik. Tapi dikarenakan janin mulai membesar, Moms mungkin akan mulai merasakan sakit pinggang, sakit punggung, pegal-pegal, kaki keram, edema bahkan akan mulai wasir.

Saat usia kehamilan mencapai 30 minggu, beban tubuh berat, Moms mungkin akan sering ke WC alias beser dikarenakan janin yang sudah besar ini menghimpit pelvis. Moms juga mungkin akan merasakan gerakan menjadi lamban, gampang capai bahkan susah bernafas. Apabila rasa sakit perut akibat konstraksi makin teratur, keluar air ketuban sebaiknya Moms waspada, bisa jadi itu tanda si kecil sudah ingin keluar dari perut Moms.

Jadi apa sih yang membuat Moms ngantuk terus?
1. Perubahan hormon: perubahan hormon ini bisa menyebabkan suhu badan Moms akan naik, suhu badan yang tinggi bisa membuat Moms ingin tidur terus.

2. Morning sick: nafsu makan Moms akan turun karena morning sick, karena Moms berasa tidak bertenaga, Moms mungkin akan merasa ngantuk juga.

3. Kurang tidur: dikarenakan perubahan hormon, Moms mungkin akan lebih sering ke WC jadi tidur Moms akan terganggu dan menyebabkan Moms ngantuk saat siang hari.

4. Mimpi: saat usia hamil sudah tua, Moms akan lebih mudah bermimpi di malam hari, itu juga dikarenakan Moms semakin was-was dengan kedatangan si kecil.

Penyebab Insomnia Ibu Hamil
Diperkirakan 78 persen wanita mengalami kesulitan tidur saat hamil. Perubahan hormon yang terjadi ketika hamil adalaha merupakan salah satu penyebab yang menimbulkan ketidaknyamanan sehingga akan berefek dan menyebabkan berkurangnya jam tidur.

Meningkatnya progesteron membuat ibu hamil lebih mengantuk di siang hari terutama pada trimester pertama.

Bumil yang obesitas juga kerap tidur mendengkur dan sering ke kamar mandi saat malam hari. Keadaan ini menyebabkan berkurangnya jam tidur.

Kurang tidur ketika hamil berisiko terjadinya preeklampsia, yakni suatu kondisi dimana tekanan darah meningkat selama masa kehamilan. Itulah hasil penelitian dari Center for Perinatal Studies di Swedish Medical Center, Seattle, Amerika Serikat.

Menurut penelitian, ibu hamil yang tidur kurang dari 6 jam pada malam hari pada trimester pertama kehamilan memiliki tekanan darah sistolik 4 mm/Hg (tekanan darah batas atas) lebih tinggi dibanding ibu hamil yang tidur lebih dari 7 jam.

Akibatnya? Risiko terkena preeklampsia pun meningkat menjadi 9 kali lebih tinggi.

Buat bunda yang susah tidur, atasi dengan 9 hal berikut ini,

1. Carilah Posisi Tidur yang Nyaman Untuk Anda

Tips pertama untuk mengatasi sulit tidur bagi ibu hamil adalah : Faktor yang terpenting untuk dapat tidur dengan nyaman adalah menemukan posisi tidur yang terbaik untuk anda. Posisi tidur terbaik yang dianjurkan selama kehamilan adalah posisi tidur miring ke sisi kiri anda, hal ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta. Gunakan bantuan bantal tidur yang dapat menbantu menyangga perut punggung dan leher anda lebih baik.

2. Mandi Dengan Air Hangat

Tips kedua agar ibu hamil susah tidur bisa terlelap nyenyak adalah : Membasuhlah tubuh dengan air hangat (jangan terlalu panas) dengan sabun yang wangi dan rasa segar akan membantu anda akan siap untuk tidur.

3. Hindari Makan Terlalu Banyak Saat Menjelang Tidur

Tips ketiga mengatasi insomnia pada ibu hamil : Saat hamil sering kali anda merasa ingin makan sesuatu saat malam hari, tapi hati-hatilah karena bila keinginan itu datang di waktu malam hari, hal ini dapat mempengaruhi tidur anda.

Cobalah untuk menghindari makan yang banyak atau terlalu kenyang saat menjelang tidur. Anda dapat menggantinya dengan makanan ringan atau segelas susu hangat. Ini untuk mengurangi rasa tak enak di ulu hati atau bagian perut yang juga akan mempengaruhi saat tidur anda.

4. Minum Segelas Susu Hangat

Minum segelas susu hangat akan membantu anda untuk dapat tidur, mengapa? karena susu mengandung asam amino trytophan yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang akan membantu anda untuk dapat tidur.

5. Dengarkan Musik

Cobalah mendengarkan musik yang dapat memberi ketenangan dan rasa rilek pada tubuh anda. Pilihlah musik yang dapat memberikan ketenangan pada anda. Dengan merasa tenang dan rileks akan memudahkan anda untuk tidur lebih nyaman.

6. Hubungan suami-istri

Agar ibu hamil susah tidur lebih rileks, Melakukan hubungan intim dengan pasangan juga salah satu cara yang baik untuk memberikan rasa rileks dan santai pada anda.

7. Pijatan pada Ibu hamil yang susah tidur

Mintalah pasangan anda untuk memberikan pijatan secara lembut sehingga anda akan merasa lebih rileks dan perasaan bahagia karena di perhatikan atau di manjakan. Pijatan pada pinggang ibu hamil / bumil tentu akan sangat melegakan anda dengan segera.

8. Latihan Menarik Nafas Agar Ibu Hamil (bumil) Dapat Tidur Lebih Baik

Latihan menarik nafas dalam yang teratur dapat menolong Anda mengurangi ketegangan otot dan membantu Anda untuk tidur lebih baik. Carilah posisi yang nyaman buat Anda, duduk, berdiri, ataupun berbaring, lalu tariklah nafas melalui hidung secara perlahan lalu tahan nafas selama 1-2 detik dan keluarkan nafas melalui mulut secara perlahan. Lakukan beberapa kali.
9. Beristirahat Selagi Ada Kesempatan

Selalu beristirahatlah selagi ada kesempatan untuk beristirahat. Memang tips ini tampak sederhana bagi ibu hamil susah tidur di bulan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 kehamilan, akan tetapi dengan memaksimalkan waktu yang ada, akan membantu anda memastikan bahwa janin anda mendapat cukup oksigen dan nutrisi bagi perkembangannya.

Inilah beberapa tips agar membantu tidur malam Anda lebih nyaman. Tapi yang tetap harus diingat, bahwa`gangguan tidur adalah keluhan umum yang timbul selama kehamilan. Bersabarlah dan jadikanlah sebagai salah satu pengalaman indah dalam kehamilan Anda karena karena semuanya ini nanti akan terbayarkan dengan lahirnya si buah hati.

Sumber ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *