Kumpulkan Uang Receh Hingga 21 JUTA – Lamongan

Sumber : google.com

 

Pengertian Menabung adalah suatu aktivitas dimana seseorang menyimpan uangnya baik dibank atau ditempat yang lainnya seperti jika seorang anak-anak ada yang menyimpan uangnya di sekolahnya atau bahkan ada dicelengan sendiri.

Selain dikaitkan dengan menyimpan uang, menabung juga dapat dikatakan sebagai sarana untuk menyisihkan uang dari hasil pemasukan. Menyisihkan uang ini bertujuan dengan motif ekonomi yaitu berjaga-jaga dan juga tak kalah pentingnya adalah untuk menghemat.

Hal-hal lain dari pengertian menabung ini adalah sebagai sarana pembelajaran khususnya bagi anak-anak, remaja dan bahkan untuk orang yang sudah dewasa untuk bagaimana agar pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan.

celengan gambar ori wikipedia.org

Namun ternyata tidak itu saja menabung ini juga merupakan suatu aktivitas bagaimana seseorang menghargai dirinya sendiri terhadap hasil kerja keras yang didapatkannya supaya tidak hilang begitu saja.

Kata-kata lain yang berkaitan dengan menabung ini adalah sebagai berikut.

1. Menahan
2. Menghimpun
3. Menyisihkan
4. Mendepositokan
5. Menaruhkan
6. Tarkas
7. Tabung
8. Kupi
9. Buyung
10. Tukil

Melihat dari sekumpulan atau sepuluh kata diatas tadi dapat dilihat bahwa menabung adalah bagaimana seseorang untuk melindungi uangnya agar bisa dimanfaatkan untuk masa depan sekaligus untuk mengamankan uang dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti perampokan.

Jadi secara sederhananya menabung adalah cara seseorang untuk menyimpan uangnya agar lebih aman dan terhindar dari pemborosan.

Semoga dari pengertian sederhana soal menabung ini dapat bermanfaat buat kita, terutama buat kalaian yang hendak menabung uang.

Manfaat menabung bisa diperoleh hasilnya ketika kita menjalaninya secara rutin dan tekun. Kegiatan menabung merupakan kegiatan menyimpan sebagian uang yang kita punyai pada suatu tempat. Hal tersebut bertujuan untuk menjalankan pola hidup hemat dan juga merupakan pembangunan karakteristik untuk tidak menghamburkan uang yang sangat diterapkan sejak usia dunia dini.
Manfaat menabung memang tidak bisa dipungkiri kegunaannya bagi kehidupan, terlebih pada bidang keuangan. Tidak jarang orang yang berpenghasilan tinggi, namun tidak terlihat hasilnya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena cara mengatur keuangannya yang belum benar yang ditambah pula dengan kebiasaan tidak menabung.

LAMONGAN – Banyak cara dilakukan orang untuk mengumpulkan uang. Salah satu cara klasik yang dilakukan ialah menabung uang logam recehan. Jika biasanya orang pada umumnya menabung di dalam celengen, namun apa yang dilakukan warga Lamongan, Jawa Timur ini cukup unik.

Ia mengumpulkan ribuan keping uang logam dan disimpannya di dalam drum. Dalam video yang diunggah oleh pemilik akun facebook @Yuni Rusmini pada Sabtu 3 Februari 2018, nampak tumpukan uang logam ditumpahkan dari dalam drum hingga memenuhi lantai.
Disebutkan bahwa uang receh itu dikumpulkannya selama lebih kurang 2,5 tahun. Adapun total uang yang terkumpul jumlahnya cukup besar, yakni Rp21.244.000. Uang receh satu drum tersebut oleh si pemilik lalu ditukarkan ke Bank Jatim Cabang Sugio.

“Terkadang yang kita anggap sebelah mata, yang enggak pernah kita perdulikan, yang selalu tercecer di mana-mana tapi tak dihiraukan, ketika bersatu bisa menjadi penolong untuk kita,” tulis Yuni di akun facebook-nya.
Menabung tidak menunggu kita kaya, namun menabung pangkal kaya. Dalam arti sekecil apapun uang yang kita tabung dan semampu kita, suatu saat bila terkumpul bisa kita gunakan yang lebih bermanfaat. Bahkan jadi penolong ketika kita sangat membutuhkan. Tidak perlu utang kan, kita kaya mampu sendiri dari uang tabungan,” tutupnya.

ADA pepatah mengatakan sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Maksud dari pepatah itu ternyata benar adanya, khususnya bagi yang gemar menabung atau menyisihkan uang.

Tidak harus menggunakan uang dengan pecahan besar, uang receh pun jika dikumpulkan secara rutin dan juga sering bisa menghasilkan jumlah yang fantastis.

Hal tersebut dilakukan orang warga Lamongan. Ia mengumpulkan uang receh dan ditaruh di dalam drum.

Peristiwa unik dan inspiratif ini diunggah oleh akun Yuni Rusmini di media sosial Facebook.

“Kisah inspiratif….
WARGA lamongan , ngumpulin uang receh di taruh dlm drum.

‘terkadang yg kita anggap sebelah mata, yg gak pernah kita perdulikan, yg sllu trcecer dimna mana tpi tak dihiraukan,(red,uang koin) ketika bersatu bisa menjadi penolong untuk kita.

‘Contohnya ini….
Uang receh tsb dikumpulkan kurang lebih 2.5th bisa terkumpul Rp. 21.244.000
#uang receh tsb di tukar di BANK JATIM Cab.Sugio .
#menabung

‘Tidak menunggu Kita Kaya, namun menabung pangkal kaya….dlm arti sekecil apapun uang yg Kita tabung Dan semampu Kita , suatu saat bila terkumpul bisa Kita gunakan yg lbh bermanfaat

‘Bahkan jadi penolong ketika Kita sangat membutuhkan. Tdk perlu utang Kan….Kita Kaya mampu sendiri dari uang tabungan.
#yunirusmini fb.” tulis akun Yuni Rusmini.

Di dalam postingan tersebut Yuni juga menyertakan video dimana memperlihatkan proses dikeluarkannya uang receh tersebut dari drum.

Tentu saja video ini langsung menarik perhatian netizen. Mereka merasa kagum dan setuju bahwa apa yang dilakukan warga Lamongan ini sangat menginspirasi.

“ide yg cerdas dan brmanfaat” tulis akun Budi SuGoes.
“pantesan selama ini uang rece berkurang dari peredaran rupanya ini pelakunya😁😁😁” tulis akun Eva Lestari.

Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, kita biasanya diajari untuk menyisihkan uang dan menanbungnya. Dulu, uang koin yang selalu jadi andalan untuk ditabung.

Kebiasaan ini akan sangat baik jika terus dilanjutkan. Meski hanya uang koin, jika rajin menabungnya, hasil yang diperoleh tentu tak sedikit.

Seperti yang dialami oleh pengguna Facebook bernama Ayu Nawang Retno Ningtyas. Wanita asal Lamongan, Jawa Timur ini, baru saja membongkar celengan yang telah diisinya selama 2,5 tahun.

Menurut Ayu, selama ini uang koin memang kerap diremehkan. Namun, jika dikumpulkan sedikit demi sedikit, ternyata jumlahnya tak sedikit.

“Bismillah… bongkar celengan..
Maaf.. bukan untuk pamer, tp untuk mengingatkan terkadang yg kita anggap sebelah mata, yg gak pernah kita perdulikan, yg sllu trcecer dimna mana tpi tak dihiraukan,(red,uang koin) ketika bersatu bisa menjadi penolong untuk kita.” tulis Ayu dalam statusnya di Facebook, dilansir grid.id.

Dalam statusnya, Ayu mengatakan bahwa ia telah menabung uang koin tersebut selama 2,5 tahun. Setelah dibongkar dan dihitung jumlahnya, ia cukup terkejut. Ternyata, tumpukan uang koin ini jumlahnya lebih dari Rp 21 juta rupiah.

“Alhamdulillah… kurng lebih 2.5th bisa trkumpul Rp. 21.244.000 Trimkasih BANK JA*** Cab.Sugio mau menampung uang koin kita… hehehhe,” lanjutnya.

Karena postingan tersebut, kisah tentang Ayu dan uang koinnya ini pun viral. Netizen telah membagikannya lebih dari 26 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 16 ribu like.

Tak hanya itu, banyak pula yang memberikan komentar positif di postingan tersebut. Menurut netizen, meski uang koin nilainya kecil, jika dikumpulkan tentu akan jadi banyak.

“Mantap bu…budayakan menabung uang koin …walau nilainya kecil..klo sampai 2thn..mantap sangat,” komentar akun Elisabeth Christina.

 

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *